Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran dan Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating(Studi pada PT.Pismatex)

KHOLIFAH, KHOLIFAH (2013) Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran dan Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating(Studi pada PT.Pismatex). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (798kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT.PISMATEX Pekalongan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kejelasan sasaran anggaran dan partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive sampling, adapun kriterianya adalah manajer tingkat menengah dan manajer lini pertama dan minimal telah menjabat 1 tahun. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Pengujian instrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas hasilnya menunjukan semua variabel dalam dalam penelitian ini mampu mengungkapkan apa yang akan diukur atau valid dan reliabel atau layak digunakan. Dan pengujian asumsi klasik penelitian ini menggunakan uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program komputer SPSS 18.0 for windows diperoleh nilai thitung sebesar 4,633 dan p-value sebesar 0,000, maka H1 diterima dengan taraf signifikansi 5% (p<0,05) dapat disimpulkan bahwa variabel kejelasan sasaran anggaran berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran. Selanjutnya diperoleh nilai thitung sebesar 2,511 dan p-value sebesar 0,016. Karena nilai p < 0,05, maka H2 diterima, artinya partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran. Begitupula pada hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar -2,174 dan p-value sebesar 0,036. Karena p < 0,05, maka H3 diterima artinya komitmen organisasi memoderasi pengaruh kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran. Dan terakhir diperoleh nilai thitung sebesar -2,853 dan p-value sebesar 0,007. Karena p < 0,05, maka H4 diterima artinya komitmen orga

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kejelasan sasaran anggaran, partisipasi anggaran, komitmen organisasi, dan senjangan angggaran.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2013 05:48
Last Modified: 25 Apr 2013 09:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23847

Actions (login required)

View Item View Item