PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO MELALUI PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika kelas VIIB SMP Negeri 3 Sawit Boyolali)

LESTARI, Noor Veriana (2008) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO MELALUI PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika kelas VIIB SMP Negeri 3 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040026.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
A410040026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui interaksi siswa yang menggunakan pembelajaran matematika berbasis portofolio dan pendayagunaan alat peraga, (2) meningkatkan minat belajar siswa yang dibatasi oleh perasaan senang, perhatian, kemauan, konsentrasi dan kesadaran siswa dalam pembelajaran matematika. Penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP N 3 Sawit yang berjumlah 36 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika. Subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah Kepala Sekolah SMP N 3 Sawit. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis postofolio terjadi perubahan pola mengajar guru yang dulu otoriter bisa merubah sikap menjadi fasilitator dan pembimbing bagi siswa, selain itu guru yang banyak mendominasi dalam proses pembelajaran kini setelah tindakan dominasi guru sudah banyak berkurang, setelah diadakan tindakan guru berusaha menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio supaya pembelajaran lebih efektif, (2) Minat belajar siswa pada tiap putaran semakin meningkat ini dapat dilihat dari (a) Perhatian dalam pembelajaran matematika meningkat mencapai 77,78%, (b) Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan/ menemukan ide-ide meningkat mencapai 52,78%, (c) Siswa yang aktif mngerjakan soal-soal/ tugas secara mandiri meningkat mencapai 91,67%, (d) Siswa yang aktif untuk maju mengerjakan soal ke depan kelas meningkat mencapai 63,89%, (e) Sedangkan gangguan kelas menurun hingga 13,89%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Portofolio, Alat-peraga, Minat-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 05:50
Last Modified: 16 Nov 2010 23:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item