Pengaruh Rasio Profitabilitas, Economic Value Added (EVA), Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia

Oktora, Tatit Anggraheni and , Drs. Sri Padmantyo, MBA (2013) Pengaruh Rasio Profitabilitas, Economic Value Added (EVA), Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Harga saham di pasar modal dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kinerja perusahaan. Analisis fundamental melalui perhitungan rasio-rasio keuangan merupakan salah satu indikator kinerja keuangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ROA, ROE, EPS, EVA dan MVA terhadap harga saham Penelitian menggunakan metode studi empiris dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang go public yang terdaftar di BEI. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari perusahaan manufaktur di BEI pada periode tahun 2008-2010. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga saham dengan nilai thitung 1,551 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05); (2) Return On Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap harga saham dengan nilai thitung = 2,463 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05); (3) Earning Per Share berpengaruh positif terhadap harga saham dengan nilai thitung = 4,837 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05); (4)Economic Value Added berpengaruh positif terhadap harga saham dengan nilai thitung = 2,245 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). EVA yang positif menandakan bahwa perusahaan berhasil menciptakan nilai bagi pemilik perusahaan, ini sejalan dengan memaksimumkan nilai perusahaan Ini menunjukkan bahwa EVA berkorelasi positif dengan tingkat pengembalian investasi dalam saham; (5) Market Value Added berpengaruh positif terhadap harga saham dengan nilai thitung 16,629 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). MVA positif menunjukkan bahwa saham perusahaan tersebut dinilai oleh investor lebih besar dari pada nilai buku per lembarnya, sehingga hal ini akan meningkatkan minat investor untuk menanamkan sahamnya di perusahaan. Peningkatan jumlah permintaan saham ini mengakibatkan harga saham meningkat. (6) ROA, ROE, EPS, EVA dan MVA secara bersama-sama berpengaruh terhadap harga saham. Terbukti dari hasil pengujian hipotesis dengan uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 175,989 > 2,37 diterima pada taraf signifikansi 5% dan H6 dinyatakan diterima. Artinya ROA, ROE, EPS, EVA dan MVA secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh terhadap harga saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, EPS, EVA, MVA, Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Apr 2013 07:41
Last Modified: 02 Nov 2021 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23821

Actions (login required)

View Item View Item