Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada PD. BPR BKK Karangmalang)

Setiawan, Nanda Budi and , Kusdiyanto, SE., M.Si (2013) Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada PD. BPR BKK Karangmalang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (286kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh antara ROA, ROE, ROS, dan GPM terhadap kinerja keuangan dan Untuk mengetahui variabel mana diantara ROA, ROE, ROS, dan GPM yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data kuantitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini berasal dari dokumentasi BPR BKK Karangmalang yang berupa neraca dan laporan keuangan periode 2007-2012. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rasio profitabilitas yang meliputi Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Return on Sales (ROS) dan Gross Profit Margin (GPM. Uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Uji ini meliputi uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis profitabilitas diketahui variabel ROA mengalami peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel ROA (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (Y). Variabel ROE (X2) variabel ROE mengalami penurunan, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel ROE (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (Y). Variabel ROS mengalami peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel ROS (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (Y). Variabel GPM mengalami peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel GPM (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (Y).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Return on Sales (ROS), Gross Profit Margin (GPM) dan Kinerja Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Apr 2013 12:22
Last Modified: 01 Nov 2021 14:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item