UPAYA PENINGKATAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIC SMPN 3 Sawit Boyolali)

NOVITASARI, Jenny (2008) UPAYA PENINGKATAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIC SMPN 3 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040014.pdf

Download (184kB)
[img] PDF
A410040014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan intensitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Sawit yang berjumlah 37 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika SMP Negeri 3 Sawit, dan subjek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi data secara deskriptif kualitatif dengan presensi dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan intensitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pemberian tugas terstruktur yang meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan tahap penampilan hasil. Adapun peningkatan intensitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang ada yaitu: (a) perhatian terhadap pembelajaran matematika meningkat mencapai 91,89%, (b) Keaktifan bertanya dan mengeluarkan ide-ide/ gagasan 62,16 % (c) tanggungjawab dan kemandirian siswa dalam mengerjakan soal/ tugas mencapai 94,59 %, (d) keaktifan siswa mengerjakan soal maju kedepan kelas mencapai 75,67 % , dan (e) gangguan kelas menurun hingga 13,51 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Belajar, Persegi- panjang, Persegi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 05:30
Last Modified: 16 Nov 2010 23:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item