Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Tentang Sumber Daya Alam Melalui Strategi Jigsaw Berbasis Media Lokal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Asiyah, Siti (2013) Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Tentang Sumber Daya Alam Melalui Strategi Jigsaw Berbasis Media Lokal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (342kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam pada siswa kelas IV di SD Negeri 02 Sewurejo kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri 02 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan teknik tes wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif model siklus yang terdiri dari pemilihan topik studi, mengajukan pertanyaan, pengumpulan data, pengaturan data, analisis data, dan penulisan laporan studi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam melalui strategi Jigsaw berbasis media lokal pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Sewurejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.(1) Peningkatan aktivitas belajar tersebut dapat dilihat dari aspek: (a) Siswa bekerja sama 60% sebelum tindakan, meningkat 92% setelah tindakan; (b)Siswa yang mengerjakan soal dengan hasil benar 40% sebelum tindakan, meningkat menjadi 88% setelah tindakan; (c) Siswa yang menjawab pertanyaan dan mau bertanya kepada guru 48%; sebelum tindakan meningkat menjadi 84 % pada kondisi setelah tindakan; (d) Siswa yang berani menyampaikan pendapat 40% sebelum tindakan, meningkat menjadi 80% pada kondisi setelah tindakan. (2) Peningkatan hasil belajar siswa pada kondisi awal atau sebelum tindakan 48% dan setelah tindakan meningkat menjadi 92% tuntas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas dan hasil belajar, strategi Jigsaw,berbasis media lokal,IPS,sumber daya alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:59
Last Modified: 22 Apr 2013 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23789

Actions (login required)

View Item View Item