Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Berhitung Pada Siswa Kelas II Semester 2 SD Negeri 01 Ploso, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Rohmadi, Rohmadi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Berhitung Pada Siswa Kelas II Semester 2 SD Negeri 01 Ploso, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar berhitung pada siswa kelas II semester 2 SD Negeri 01 Ploso, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian berbentuk penelitian kualitatif dan mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat penelitian di SD Negeri 01 Ploso, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 28 orang, dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Waktu penelitian Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan, yaitu pada bulan November 2012 sampai dengan bulan Maret 2013. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 01 Ploso, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara langsung, teknik dokumentasi, dan mengadakan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis kritik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar yang dilihat dari indikator : a) memperhatikan penjelasan dan arahan guru, sebelum tindakan sebesar 40% setelah akhir siklus meningkat sebesar 100%. b) mengerjakan tugas dari guru secara kelompok maupun individu, sebelum tindakan sebesar 65%, setelah akhir siklus meningkat sebesar 100%, dan c) mengajukan pertanyaan tentang soal-soal yang kurang dipahami, sebelum tindakan 45%, setelah akhir siklus meningkat sebesar 99%. Pada observasi hasil belajar, sebelum tindakan sebesar 58% dan setelah tindakan siklus II meningkat sebesar 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar, pembelajaran matematika, minat, hasil belajar, berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:40
Last Modified: 25 Oct 2021 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23788

Actions (login required)

View Item View Item