Tinjauan Yuridis Tentang Pelaksanaan Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia (Studi Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Sidodadi Cabang Sragen)

PRATYAKSA WP , LANANG GALUH (2013) Tinjauan Yuridis Tentang Pelaksanaan Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia (Studi Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Sidodadi Cabang Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (521kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan fidusia di Bank Rakyat Indonesia Cabang Sragen. 2) Untuk mengetahui permasalahan – permasalahan apa saja yang timbul dalam pemberian kredit dengan jaminan fidusia dan cara penyelesaiannya. Metode penelitian merupakan sutu kegiatan ilmiah, yang didasarkan pada metode, sistematika, dan pemikiran tertentu, yang bertujuan untuk mempelajari satu atau beberapa gejala hukum tertentu, dengan jalan menganalisanya. Berdasarkan pengertian tersebut, metodologi penelitian dapat diartikan sebagai cara untuk memecahkan masalah dengan jalan menemukan, mengumpulkan, menyusun data guna mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan yang hasilnya dituangkan dalam penulisan ilmiah. Pelaksanaan perjanjian di BRI unit Sidodadi Cabang Sragen dilakukan dengan jaminan benda bergerak dan benda tidak bergerak. Terhadap jaminan benda bergerak BRI unit Sidodadi Cabang Sragen melakukan pengikatan dengan “perjanjian penyerahan hak dan milik dalam kepercayaan atas barang-barang (fiduciaire eigendoms overdracht)” yang dilegalitasi oleh notaris dan tidak didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan Undang-undang Jaminan Fidusia Pasal 14 ayat (3) menyatakan bahwa jaminan fidusia baru dikatakan lahir atau diakui keberadaannya setelah dilakukannya pendaftaran. Perjanjian kredit dengan menggunakan akta fidusia yang tidak didaftarkan pada BRI unit Sidodadi Cabang Sragen tidak sepenuhnya memberikan perlindungan hukum terhadap kreditur karena perjanjian tersebut tidak dilakukan didepan notaris dan tidak didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia di Departemen Hukum dan HAM dengan alasan bahwa pinjaman yang diberikan oleh BRI Unit Sidodadi Cabang Sragen dengan sistem kekeluargaan dilandasi dengan safety procedure melalui langkah-langkah yag disepakati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Yuridis Tentang Pelaksanaan Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:28
Last Modified: 22 Apr 2013 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item