Upaya Peningkatan Aktifitas Siswa Menggunakan Metode Jigsaw Dalam Pelajaran Pkn Materi Memahami Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat Dan Daerah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 03 Bangsri Kecamatan Karangpandan Tahun 2012/2013

Fadliyah, Siti and , Achmad Muthali’in, M.Si. (2013) Upaya Peningkatan Aktifitas Siswa Menggunakan Metode Jigsaw Dalam Pelajaran Pkn Materi Memahami Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat Dan Daerah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 03 Bangsri Kecamatan Karangpandan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (366kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas V SDN 03 Bangsri Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran PKn melalui strategi Jigsaw. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Bangsri yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan obyeknya adalah aktifitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Teknik pembelajaran menggunakan tipe pembelajaran kooperatif Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I menunjukkan peningkatan aktifitas belajar siswa yang berjumlah 12 siswa atau 60% dari keseluruhan siswa kelas V SDN 03 Bangsri. Pada Siklus II menunjukkan peningkatan aktifitas yang lebih signifikan, yaitu sejumlah 17 siswa atau 85% dari jumlah keseluruhan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Jigsaw dapat meningkatkan aktifitas belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 03 Bangsri tahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktifitas siswa, strategi Jigsaw.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:33
Last Modified: 25 Oct 2021 03:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23784

Actions (login required)

View Item View Item