Penerapan Metode Make A Match Sebagai Peningkatkan Keaktifan Dalam Mendeskripsikan Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Pada Siswa Kelas V SD N 02 Wonokeling Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Rasid, Iskandar Nur and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Penerapan Metode Make A Match Sebagai Peningkatkan Keaktifan Dalam Mendeskripsikan Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Pada Siswa Kelas V SD N 02 Wonokeling Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_ILMIAH.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh pergerakan nasional melalui penggunaan metode make a match pada siswa kelas V SD Negeri 02 Wonokeling Kecamatan Jatiyoso,Kabupaten Karanganyar tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Wonokeling yang berjumlah 8 siswa. Prosedur dalam penelitian ini terdapat beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa yang di lihat dari aspek menjawab pertanyaan, sebelum menggunakan metode make a match pada pelajaran IPS materi mendeskripsikan tokoh-tokoh pergerakan nasional adalah ada 1 siswa ( 12.5 %) yang aktif. Dari aspek mengungkapkan pendapat terdapat 1 siswa (12,5%) yang aktif dan dari aspek komunikasi juga terdapat 1 siswa (12,5%) yang aktif. Setelah menggunakan metode make a match pada siklus I keaktifan siswa meningkat, di lihat dari aspek menjawab pertanyaan ada 4 siswa (50%) yang aktif. Dari aspek berkomunikasi ada 4 siswa (50%) yang aktif. Dari aspek komunikasi terdapat 4 siswa (50%) yang aktif. Dilihat dari aspek bertanya pada siklus II ada peningkatan Menjadi 7 siswa (87.5%) yang aktif. Dari aspek mengungkapkan pendapat ada 7 siswa (87,5%) yang aktif. Dari aspek komunikasi terdapat 7 siswa (87,5%) yang aktif. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ada peningkatan keaktifan siswa pada setiap siklus, baik pra siklus, siklus I, maupun pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Make a Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 08:07
Last Modified: 25 Oct 2021 03:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23771

Actions (login required)

View Item View Item