Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Melalui Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Semester II Sdn 03 Bejen Karanganyar Tahun 2012/2013

Ariastuti, Endah Dewi and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Melalui Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Semester II Sdn 03 Bejen Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran konstruktisme model jigsaw dalam meningkatkan kreatifitas belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV semester II SDN 03 Bejen Karanganyar tahun 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 03 Bejen, Kelurahan Bejen, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengutamakan proses pelaksanaan pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang yang berjumlah 45 siswa. Instrumen untuk mengambil data awal berupa lembar observasi siswa sebelum penelitian dilaksanakan. Lembar observasi guru pada saat berlangsungnya proses tindakan, lembar observasi siswa untuk mendapatkan data keaktifan siswa dalam berdiskusi yang merupakan instrumen untuk mendapatkan data pada saat berlangsungnya proses tindakan. Setelah data keaktifan dalam berdiskusi diperoleh, peneliti melanjutkan dengan membagikan instrumen kreatifitas untuk memperoleh data kreatifitas siswa. Hasil penelitian tindakan kelas meyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran konstruktivisme model jigsaw kreatifitas belajar siswa kels IV SDN 03 Bejen pada mata pelajaran Ilmu Pegetahuan Sosial meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil rerata keaktifan dalam berdiskusi yang terus meningkat dari siklus ke siklus berikutnya dan meningkatnya variabel kreatifitas sebelum diterapkan model Jigsaw dan setelah diadakan tindakan siklus ke-1 dan siklus ke 2 kondisi awal skor rerata kreatifitas 71,8 meningkat pada siklus ke-1 yaitu 74,7 (meningkat 2.9%) dan meningkat pada siklus ke-2 yaitu skor rerata 83.7 ( meningkat 9,0 %) Dengan demikian jika di bandingkan skor rerata kreatifitas pada kondisi awal meningkat 11,90%. P e n e li ti an ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konstruktivisme model jigsaw dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi Melalui penerapan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan kreativitas siswa belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV semester II Sekolah Dasar Negeri 03 Bejen Karanganyar tahun 2012/2013 dapat di terima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Konstruktivisme Model Jigsaw, Kreatifitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 06:51
Last Modified: 25 Oct 2021 03:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item View Item