Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Tentang Materi Tumbuhan Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Petung Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Surahno, Surahno and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Tentang Materi Tumbuhan Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Petung Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (897kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi tumbuhan pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Petung dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui alat peraga tumbuhan. Adapun obyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Petung sejumlah 24 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh dengan cara tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan deskriptif kooperatif yaitu dengan membandingkan nilai test kondisi awal, setelah siklus satu, setelah siklus dua, dan setelah siklus tiga kemudian direfleksi, dan deskriftif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA materi tumbuhan dengan menggunakan metode CTL pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Petung Kecamatan Jatiyoso tahun pelajaran 2012/2013, indikator pecapaian KKM yang diharapkan peneliti minimal 75% dari 24 siswa kelas IV dengan KKM 65 harus tuntas atau mencapai KKM, yang dilihat dari hasil Tes Pra Siklus yang Tuntas 8 siswa (33%) yang Belum Tuntas 16 siswa (67%), Tes Siklus I yang Tuntas 9 siswa (37%) yang Belum Tuntas 15 siswa (63%), Tes Siklus II yang Tuntas 14 siswa (58%) yang Belum Tuntas 10 siswa (42%), Tes Siklus III yang Tuntas 24 siswa (100%), dan semua siswa dinyatakan tuntas dalam pembelajaran dengan mengunakan metode CTL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, penggunaan metode CTL melalui alat peraga tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Petung Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, metode CTL, alat peraga tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 06:02
Last Modified: 25 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23763

Actions (login required)

View Item View Item