Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Ruang Dengan Pendekatan Kuis Tim Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Lemahbang Tahun Pelajaran 2012/2013

Mulyati, Mulyati and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Ruang Dengan Pendekatan Kuis Tim Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Lemahbang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG_SIAP_UJIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun ruang melalui penggunaan pendekatan kuis tim pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Lemahbang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV siswa kelas IV SD Negeri 01 Lemahbang dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Karakteristik siswa kelas IV SD Negeri 01 Lemahbang adalah dari jumlah siswa 25 siswa memiliki latar belakang kemampuan akademis yang berbeda-beda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada pembelajaran siklus I dan siklus II perubahan yang dapat teridentifikasi adalah perolehan ketuntasan belajar siswa yang belum mencapai taraf tuntas secara optimal. Dari keadaan itulah maka diterapkannya pembelajaran siklus III dengan melakukan treatment metode kuis tim akhirnya dapat meningkatkan taraf ketuntasan siswa dalam menguasai hasil belajar menjadi 88%. Pada proses pembelajaran siklus III secara umum dapat diamati bahwa perhatian siswa terhadap proses pembelajaran sangat tinggi, siswa sangat senang dan sungguh-sungguh ketika melakukan proses pembelajaran dengan berlatih mengerjakan tugas guru tentang konsep bangun ruang, sifat dan cara menghitung volume bangun ruang khususnya balok dan kubus. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab yakni: ” “Penggunaan pendekatan kuis tim dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Lemahbang Tahun Pelajaran 2012/2013” dapat terjawab atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kuis tim
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2013 06:17
Last Modified: 25 Oct 2021 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23753

Actions (login required)

View Item View Item