Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas II SDN 02 Jatiroyo Kecamatan Jatipuro Tahun Pelajaran 2012/2013

Tarbiyah, Tarbiyah and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas II SDN 02 Jatiroyo Kecamatan Jatipuro Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian, yaitu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika di kelas II SDN 02 Jatiroyo, Kecamatan Jatipuro melalui implementasi strategi pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN 02 Jatiroyo kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika. Persentase rata-rata dari indikator keaktifan belajar siswa berdasarkan data lembar observasi pada pra siklus sebesar 41,3 %, siklus I sebesar 56,6 % dan siklus II sebesar 76,2 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Picture and Picture dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, belajar, strategi picture and picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2013 05:29
Last Modified: 25 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23744

Actions (login required)

View Item View Item