Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gantiwarno Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Sjamhadi, Sjamhadi and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gantiwarno Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10_NASKAH_PUBLIKASI_SD.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN_SD.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I_SD.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II_SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
04BAB_III_SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV_SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V_SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA_SD.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN_SD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas V SD N 01 Gantiwarno Matesih yang masih terdapat kekurangan, antara lain : rendahnya tingkat pemahaman pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana, pemebelajaran IPA yang hanya menerapkan metode ceramah sehingga siswa merasa jenuh dan bosan, guru belum menggunakan media atau alat peraga dalam penyampaian materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD N 01 Gantiwarno pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana dengan menerapkan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Sumber data diperoleh dari lembar observasi siswa dan guru serta skor individu. Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman siswa mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus 2. Dalam penelitian ini indikator kerja yang menjadi target peneliti adalah 80 % siswa mampu memahami materi pesawat sederhana. Hasil pra siklus menunjukan tingkat pemahaman siswa sebesar 26,4 %, pada siklus II tingkat pemahaman siswa sebesar 54,8 %, dan pada siklus 2 tingkat pemahaman siswa sebesar 80,8 %. Dalam penelitian ini juga di dapat skor rata-rata siswa dalam mengerjakan tes secara individu, yaitu pada pra siklus sebesar 2,6, pada siklus 1 sebesar 5,92, dan pada siklus 2 sebesar 8,08. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana kelas V SD N 01 Gantiwarno.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, pesawat sederhana,tingakt pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2013 12:06
Last Modified: 25 Oct 2021 02:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23741

Actions (login required)

View Item View Item