Peningkatan Prestasi Belajar IPS Dengan Metode Kerja Kelompok Model Dua Tinggal Dua Tamu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Naharin, Yuyun Mahbudatin and -, Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Peningkatan Prestasi Belajar IPS Dengan Metode Kerja Kelompok Model Dua Tinggal Dua Tamu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (488kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 atau tidak. 2) Untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. 3) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa yang dijadikan objek sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskrptif komparatif dan kritis. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Metode pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pada kondisi awal yaitu nilai rata-rata sebesar 55,5, siklus I sebesar 65,5 dan pada siklus II nilairata-rata sebesar 76,5. 2) Peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 yaitu sebesar 21. 3) Penerapan pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Munggur Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan, 2) presentasi guru, 3) kegiatan kelompok, 4) presentasi kelompok, dan 5) evaluasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kerja kelompok model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray), prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2013 10:51
Last Modified: 24 Oct 2021 13:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23730

Actions (login required)

View Item View Item