Pengembangan Kemampuan Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Melalui Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2012/2013

Minarni, Endang Tri (2013) Pengembangan Kemampuan Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Melalui Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Usia dini merupakan periode kritis dalam tahap perkembangan manusia. Perkembangan yang terjadi akan mempengarui perkembangan pada masa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk pada anak kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini satu kelas yang berjumlah 20 anak. Analisis data dilakukan secara komparatif untuk membandingkan data. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pelaksana tindakan, sedangkan guru kelas sebagai observer.Teknik pengumpulan data melalui bservasi, wawancara, dan penugasan. Data yang telah terkumpul dianalisis untuk mengembangkan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk di TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk pada anak kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti sebelum dilaksanakan penelitian tindakan Kelas rata rata kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk anak sebesar 40,06%. Setelah dilakukan tindakan siklus I rata-rata kemampuan anak menjadi 61,78%, siklus II meningkat menjadi 74,1% . Hasil penelitian tindakan kelas tersebut sudah memenuhi indikator pencapaian pada siklus I pencapaian anak rata-rata 65% pada siklus II pencapain anak mencapai 80%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penggunaan metode bercerita dengan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk pada anak kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem Kecamatan Andong tahun pelajaran 2012/2013 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, hendaknya para guru PAUD dapat mengembangkan kemampuan anak melalui metode yang menyenangkan salah satunya yaitu dengan bercerita dengan buku cerita bergambar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bercerita, buku cerita bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2013 07:27
Last Modified: 19 Apr 2013 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23721

Actions (login required)

View Item View Item