UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR ( PTK di MIM GAYAM pada Pokok Bahasan Bangun Datar Kelas II Semester II Tahun 2007/2008)

SUMARSI, Diah Sri (2008) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR ( PTK di MIM GAYAM pada Pokok Bahasan Bangun Datar Kelas II Semester II Tahun 2007/2008). Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
A410030146.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
A410030146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistik yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IIMIM GAYAM Sukoharjo yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Terdapat Peningkatan hasil belajar Non skolastik yang dimaknai sebagai Keaktifan belajar matematika siswa yaitu (a) Keberanian siswa dalam mengeluarkan ide atau bertanya yaitu dalam setiap putaran semakin meningkat dari 3% menjadi 27% pada ahkir siklus, (b) Mengerjakan soal didepan kelas dari 15% menjadi 69%, (c) Keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh dari 6% menjadi 39%; 2) Terdapat Peningkatan hasil belajar Skolastik yang dimaknai sebagai prestasi siswa yaitu nilai prestasi siswa ditunjukkan dengan nilai hasil kemampuan dalam mengerjakan soal latihan yang mendapat nilai 60 keatas meningkat, yaitu dari 51% menjadi 75% pada akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar, sehingga diharapkan para guru matemetika menggunakan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Matematika Realistik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 02:16
Last Modified: 16 Nov 2010 23:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item View Item