Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Sosiodrama Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Trotok, Wedi, Klaten Tahun Ajaran 2012 – 2013

Widyastuti, Richa and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Sosiodrama Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Trotok, Wedi, Klaten Tahun Ajaran 2012 – 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (404kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak kelas B melalui metode sosiodrama di TK Pertiwi Trotok Kecamatan Wedi Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelas B TK Pertiwi Trotok Kecamatan Wedi yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi, penerapan metode sosiodrama, wawancara yang digunakan adalah antara peneliti dengan anak dan mendokumentasikan dalam penelitian ini adalah daftar anak, foto anak dalam kegiatan bersosiodrama. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisa secara kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berkomunikasi lisan anak kelompok B TK Pertiwi Trotok Kecamatan Wedi Tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas yaitu anak yang dapat berkomunikasi lisan dengan lancar sebesar 39%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan metode sosiodrama pada proses pembelajaran kemampuan berkomunikasi lisan anak, diperoleh hasil yaitu siklus I 59%, siklus II meningkat menjadi 77%, hasil penelitian sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “diduga dengan menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak kelas B TK Pertiwi Trotok, Kecamatan Wedi tahun pelajaran 2012/2013, terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode sosiodrama, kemampuan berkomunikasi lisan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 09:01
Last Modified: 28 Oct 2021 02:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23716

Actions (login required)

View Item View Item