Pengembangan Kedisiplinan Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi Wanglu Kelompok A Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013

Hartini, Hartini and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd. (2013) Pengembangan Kedisiplinan Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi Wanglu Kelompok A Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (657kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Dattar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kedisiplinan anak melalui metode bermain peran makro pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Wanglu kelompok A Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok A Taman Kanak-kanak Pertiwi Wanglu yang berjumlah 16 anak. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Masingmasing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa kedisiplinan anak tergolong rendah. Persentase pencapaian yang sudah mencapai ketuntasan baru sebanyak 4 anak (25%). Setelah dilakukan tindakan melalui metode bermain peran makro pada siklus I, persentase pencapaian yang sudah mencapai ketuntasan berkembang menjadi 10 anak (62,5%). Demikian pula setelah dilakukan perbaikan rencana pembelajaran pada tindakan siklus II, kedisiplinan anak semakin berkembang. Persentase pencapaian yang sudah mencapai ketuntasan berkembang menjadi 13 anak (81%).Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Metode bermain peran makro dapat mengembangkan kedisiplinan anak di Taman Kanakkanak Pertiwi Wanglu Kelompok A Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, metode bermain peran makro.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:54
Last Modified: 28 Oct 2021 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item View Item