Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Kartu Angka Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak ABA 1 Gaden Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013

Sumarmi, Sri and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd. (2013) Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Kartu Angka Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak ABA 1 Gaden Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kecerdasan logika matematika melalui kartu angka pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak ABA 1 Gaden Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013.Jenis peneliti ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian adalah anak kelompok B Taman Kanak-kanak ABA 1 Gaden Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 23 anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri tiga pertemuan. Setiap siklus terdapat empat kegiatan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis diskriptif kritis dan analisis kualitatif komparatif.Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan kecerdasan logika matematika melalui kartu angka pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak ABA 1 Gaden Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013. Kriteria keberhasilan adalah 80% dari 23 anak menjadi cerdas dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa kecerdasan logika matematika anak masih rendah. Persentase pencapaiannya adalah 21,7% (5 anak). Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan kartu angka pada siklus I, persentase pencapaiananak berkembang menjadi 47,8% (11 anak). Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada tindakan siklus II, semakin mengembangkan kecerdasan logika matematika anak.Persentase pencapaian berkembang menjadi 82,6% (19 anak). Hasil penelitian tindakan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “melalui kartu angka dapat mengembangkan logika Matematika anak pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak ABA 1 Gaden Tahun Pelajaran 2012-2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan logika matematika, Kartu angka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:47
Last Modified: 28 Oct 2021 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23711

Actions (login required)

View Item View Item