Peningkatan Komunikasi Dalam Belajar Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Duwet 2 Kec. Ngawen Kab. Klaten 2012/2013

Rahayu, Sri and , Drs. M. Yahya, M.Si. (2013) Peningkatan Komunikasi Dalam Belajar Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Duwet 2 Kec. Ngawen Kab. Klaten 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (281kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran di TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B yang berjumlah 20 Anak. Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan Bermain Peran, wawancara yang digunakan antara peneliti dengan anak dan didokumentasikan dengan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan penelitian, prosentase Komunikasi dalam Belajar anak sebesar 55,25 %. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh hasil yaitu, siklus I mencapai 72,50%, siklus dan siklus II mencapai 82,75 %. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “diduga dengan menggunakan metode Bermain Peran dapat meningkatkan komunikasi dalam belajar anak di kelas B TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun Pelajaran 20122013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Belajar, dan Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:43
Last Modified: 28 Oct 2021 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23710

Actions (login required)

View Item View Item