Peningkatan Motivasi Belajar Menulis Melalui Metode Mindmapping Pada Anak Kelompok A TK ABA Jemawan I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Widiastuti, Nur (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Menulis Melalui Metode Mindmapping Pada Anak Kelompok A TK ABA Jemawan I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (115kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar menulis melalui metode Mind Mapping di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jemawan I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Waktu penelitian adalah tiga bulan yaitu mulai Desember 2012 sampai dengan Februari 2013. Subyek penelitian ini adalah anak kelas A yang berjumlah 16 anak. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi partisipasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar menulis pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jemawan I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 meningkat menjadi 80% dari 16 anak. Dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat berjalan dengan baik. Setelah digunakan metode Mind Mapping terjadi peningkatan motivasi belajar menulis anak secara signifikan. Sebelum dilakukan tindakan, tingkat motivasi belajar menulis anak sebanyak 5 anak (31,25%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I motivasi belajar menulis anak meningkat menjadi 8 anak (50%) dan pada siklus II motivasi belajar menulis anak meningkat menjadi 13 anak (81,25%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar menulis pada anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jemawan I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar menulis, Mind Mapping.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:37
Last Modified: 18 Apr 2013 07:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23709

Actions (login required)

View Item View Item