Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tentang Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV Di SDN Pereng Kecamatan Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013

Subekti, Atik Dwi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tentang Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV Di SDN Pereng Kecamatan Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_NEW.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 terhadap bilangan pecahan melalui strategi Numbered Heads Thogether (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah guru matematika SDN 2 Pereng. Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pereng, Kecamatan Prambanan, KabupatenKlaten yang terdiri dari 15 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pemeriksaan validitas data menggunakan metode triangulasi dan teknik analisis data menggunakan teknik kritis dan komparatif. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan strategi Numbered Heads Thogether(NHT) dilihat dari aspek (1) aktivitas bertanya sebelum tindakan 33,3,%, dan di akhir tindakan 100%. (2) aktivitas menjawab pertanyaan sebelum aktivitas 46,6% dan diakhir tindakan 93%. (3) aktivitas maju ke depan kelas sebelum tindakan 33,3% diakhir tindakan 93%. (4) hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan 33,3% dan diakhir tindakan 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan ditetapkannya strategi Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tentang bilangan pecahan di SDN Pereng Kecamatan Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktifitas siswa,hasil belajar, bilangan pecahan, Numbered Heads Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:05
Last Modified: 24 Oct 2021 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23703

Actions (login required)

View Item View Item