Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Play Dough Pada Anak Kelompok B Di TKIT Al Hasna Manjung Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Hidayati, Luluk Atika and , Drs. Joko Santoso, M.Ag. (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Play Dough Pada Anak Kelompok B Di TKIT Al Hasna Manjung Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bermain play dough di kelompok B TKIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, tingkat kreativitas anak rendah dan guru mengupayakan alternative pemecahan masalah dengan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kreativitas anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan bermain play dough. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TKIT Al Hasna Manjung yang berjumlah 13 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan bermain play dough dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TKIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 75% dari 13 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui bermain play dough, yakni kreativitas pada saat pra siklus sebanyak 3 anak (23%), peningkatan kreativitas pada siklus 1 sebanyak 7 anak (53,85%) dan peningkatan kreativitas pada siklus 2 meningkat menjadi 10 anak (76,92%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, terbukti bahwa melalui bermain play dough dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TKIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, bermain play dough.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:06
Last Modified: 28 Oct 2021 02:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item View Item