PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RME (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta)

THOYIB, Wakhid (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RME (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030122.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
A410030122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan pendekatan RME dalam pemecahan soal matematika dan mengetahui peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini kelas VIIIA semester ganjil tahun ajaran 2007/2008 SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan yaitu: 1) Peningkatan kemampuan komuniklasi siswa yamg meliputi: a) Peningkatan kemampuan siswa dalam merepresentasi sebanyak 12 siswa (29%) pada putaran I, 22 siswa (57,9%) pada putaran II, 29 siswa (76,3%) pada putaran III. b) Siswa yang mampu merekonstruksi sebanyak 13 siswa (34%) pada putaran I, 25 siswa (65,8%) pada putaran II, 31 siswa (81,5%) pada putaran III. c) Siswa yang mampu bekerjasama sebanyak 11 siswa (29%) pada putaran I, 27 siswa (71%) pada putaran II, dan sebanyak 34 siswa (89,5%) pada putaran III. 2) peningkatkan hasil belajar yang meliputi: a) Jumlah siswa dalam mengerjakan soal dengan benar sebanyak 12 siswa (31,7%) pada putaran I, 17 siswa (44,7%) pada putaran II dan 30 siswa (78,9%) pada putaran III. b) Keterampilan dalam menggunakan alat peraga meningkat pada putaran I sebanyak 11 siswa (28%), 19 siswa (50%) pada putaran II dan 35 siswa (92%) pada putaran III. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode RME dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Hasil Belajar, RME
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 01:56
Last Modified: 16 Nov 2010 23:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item