PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI DI DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA KABUPATEN SRAGEN

Budiono, Rachmat (2008) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI DI DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100030531.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen, 2) Untuk mengetahui pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel pemoderasi di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen, dan 3) Untuk mengetahui variabel motivasi memoderasi pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei, dengan dimensi waktu cross-sectional research, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap suatu objek tertentu untuk satu waktu tertentu. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen yang berjumlah 63 orang. Oleh karena populasi dibawah 100 maka diambil seluruh populasi, sehingga dalam penelitian ini tidak ada sampel atau merupakan penelitian sensus yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, Uji normalitas, Analisis Hierariercal- Moderated Regretion, uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 47,933 + 0,646X1 + 0,088X1.X2. Berdasarkan persamaan di atas menunjukkan bahwa variabel motivasi memoderasi pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen; 2) Hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk gaya kepemimpinan sebesar 2,353 > ttabel (2,000) dan interaksi variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja didapatkan thitung (2,328) > ttabel (2,000), artinya ada pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen, dan variabel motivasi memoderasi pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen; 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 86,646 > 3,150 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti variabel motivasi memoderasi pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sragen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2008 03:43
Last Modified: 02 Feb 2011 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item