Meningkatkan Motivasi Belajar IPA dengan Menggunakan Strategi Picture And Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mayungan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Dewi, Cicilia Utami (2013) Meningkatkan Motivasi Belajar IPA dengan Menggunakan Strategi Picture And Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mayungan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mayungan, Kabupaten Klaten, tahun 2012/2013. Media yang digunakan gambar-gambar tentang erosi,banjir,abrasi , longsor. Hal ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menerima pelajaran IPA secara visual tidak hanya dalam bentuk ceramah saja. Dari strategi picture and picture yang diterapkan pada proses pembelajaran IPA dihasilkan data prosentase rata-rata motivasi belajar siswa sebagai berikut : pra siklus : 9.5% , siklus I pertemuan I : 38.10% , siklus I pertemuan II : 39.68%, sedang siklus II pertemuan I : 62% dan siklus II pertemuan II : 92%. Prosentase ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa karena sudah lebih dari 85 % siswa aktif ( Indikator motivasi belajar : 85% siswa aktif). Sedangkan penelitian dalam proses belajar mengajar melalui strategi picture and picture didapat data prosentase hasil belajar sebagai berikut: ketuntasan pada pra siklus : 14.29% , ketuntasan pada siklus I pertemuan I : 28.57% , ketuntasan pada siklus I pertemuan II : 42.8% , ketuntasan pada siklus II pertemuan I : 71.45% dan terakhir ketuntasan pada siklus II pertemuan II : 90.48%. Prosentase ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa karena sudah lebih dari 80 % siswa hasil belajarnya meningkat (Indikator hasil belajar : 80% siswa nilai rata-ratanya minimal sama dengan KKM). Dari perolehan data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mayungan, Kabupaten Klaten, tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture and picture,motivasi belajar,hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 06:31
Last Modified: 18 Apr 2013 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item View Item