Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Picture And Picture Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN 2 Mendak Tahun Pelajaran 2012/2013

Suseno, Joko (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Picture And Picture Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN 2 Mendak Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (52kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : Untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penggunaan strategi picture and picture siswa kelas V SD Negeri 2 Mendak Kecamatan Delanggu Tahun Pelajaran 2012/2013,Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan strategi picture and picture siswa kelas V SD Negeri 2 Mendak Kecamatan Delanggu Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 2 Mendak Kecamatan Delanggu. Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan mulai Januari sampai Maret 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian sebelum tindakan perbaikan (pra siklus) dan setelah diadakannya perbaikan (siklus I dan siklus II) adalah sebagai berikut: Keaktifan siswa meningkat dari pra siklus sampai akhir siklus II dimana pada pra siklus siswa yang aktif sangat sedikit sedangkan pada akhir siklus II keaktifan siswa dalam bertanya mencapai 87,5%, keaktifan siswa dalam memberikan tanggapan, 81,25%, menyimak penjelasan guru 75 %, membaca materi pelajaran 93,75% dan mengerjakan tugas 100%.Pada pra siklus diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 11 siswa atau 73% siswa tidak tuntas sebagaimana Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Sedangkan yang mempunyai nilai 75 ke atas sebanyak 5 siswa atau 27%. Pada penelitian dengan siklus I dengan menggunakan strategi picture and picture diperoleh hasil sebanyak 9 siswa atau 60% tuntas, sedangkan 7 siswa atau 40% siswa tidak tuntas. Hasil siklus II sebanyak 16 siswa atau 100% tuntas dan tidak ada siswa yang tidak tuntas atau 0%. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Peningkatan ini sudah seperti yang diharapkan yaitu di atas 75% dari jumlah siswa. Kriteria ketuntasan 100% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa penelitian pada siklus II telah berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, Keaktifan, Picture and Picture.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 05:57
Last Modified: 18 Apr 2013 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23693

Actions (login required)

View Item View Item