Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Di TK ABA Tlobong I Kelas B Tahun Ajaran 2012/2013

Sugiyanti, Sih (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Di TK ABA Tlobong I Kelas B Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bba II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan gambar kelas B di TK ABA Tlobong I (2) untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dalam kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan gambar kelas B di TK ABA Tlobong I. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK ABA Tlobong I tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan gurukelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran melalui permainan kartu angka dan gambar dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran maupun dari hasil tindakan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan kartu angka. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indikator yaitu Membilang/menyebutkan urutan bilangan dari 1-10, membilang dengan menunjuk benda sampai 10, menunjuk urutan benda untuk bilangan sampai 10, menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10. Sebelum dilakukan tindakan nilai kemampuan kognitif anak 48,14% , setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 62,65%, pada siklus II meningkat menjadi 72,21%, dan diakhir tindakan yaitu pada siklus III meningkat menjadi 83,02%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan kartu angka dan gambar dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, permainan kartu angka dan gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 05:54
Last Modified: 18 Apr 2013 08:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23692

Actions (login required)

View Item View Item