Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Permainan Konstruktif pada Pelajaran IPA Kelas IV SDIT Al Hasna Gondang Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Atmojo, Tri Haryanto (2013) Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Permainan Konstruktif pada Pelajaran IPA Kelas IV SDIT Al Hasna Gondang Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (618kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas siswa melalui permainan konstruktif pada pelajaran IPA kelas IV SDIT Al Hasna Gondang Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan metode permainan konstruktif. Alasan penggunaan metode ini bahwa di kelas IV, guru dalam memberikan pembelajaran masih menggunakan model klasikal, model pembelajaran yang paling sederhana yang menganggap anak memiliki kemampuan sama. Dengan sarana bermain yang sangat terbatas, menyebabkan pembelajaran yang dilaksanakan kurang kreatif sehingga anak didik mengalami kejenuhan dan berdampak pada anak didik. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IV SDIT Al Hasna Gondang yang berjumlah 22 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan menggunakan permainan konstruktif dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDIT Al Hasna Gondang Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 80% dari 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas siswa melalui permainan konstruktif, yakni kreativitas pra siklus sebanyak 5 siswa (22,72%), peningkatan kreativitas siklus I sebanyak 12 siswa (54,54%) dan peningkatan kreativitas siklus II meningkat menjadi 18 siswa (81,81%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Melalui permainan konstruktif dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDIT Al Hasna Gondang Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, permainan konstruktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 05:14
Last Modified: 18 Apr 2013 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23687

Actions (login required)

View Item View Item