Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sundari, Uun and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (669kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan Strategi Role Playing pda siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya mencakup 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, obervasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan strategi Role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan mengingkatnya persentase isi pembicaraan, tujuan pembicaraan, nada bicara dan kesopanan berbicara dalam proses pembelajaran. Pada siklus I persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 61,5%, tujuan pembelajaran 30,7%, nada bicara 65,4% dan kesopanan berbicara 76,9%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 84,5%, tujuan pembelajaran 88,5%, nada bicara 92,3% dan kesopanan berbicara 96,2%. Penggunaan strategi role playing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo tahun ajaran 2012/2013. Dilihat dari hasil tes berbicara pada Siklus I diketahui 15 siswa (57,7%) dari 26 siswa telah mencapai KKM (60) dan meningkat pada Siklus II sebanyak 25 siswa (96,2%) dari 26 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan Berbicara, Strategi Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Apr 2013 12:17
Last Modified: 24 Oct 2021 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item