Penerapan Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 03 Ngadirejo Mojogedang Karanganyar Tahun 2012/2013

SILARNINGSIH, SITI (2013) Penerapan Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 03 Ngadirejo Mojogedang Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (617kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses pembelajaran dikelas, Meningkatkan ketrampilan guru dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa,Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Ngadirejo dan guru sebagai subyek pelaku penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif, yaitu membandingkan keadaan yang berbeda pada awal/sebelum penerapan pembelajaran CTL dalam membaca puisi, dan keadaan akhir/sesudah penerapan pembelajaran CTL dalam membaca puisi. Berdasarkan hasil pra siklus kemampuan membaca puisi siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 38,89%, masih ada 61,11% siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 77,78% , dan ketuntasan belajar siswa mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 94,44% . Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca puisi siswa pada setiap siklusnya, dan siswa dapat memenuhi nilai KKM (65). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas V SD Negeri 03 Ngadirejo Mojogedang Karanganyar tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca puisi, CTL (Contextual Teaching Learning)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2013 12:17
Last Modified: 17 Apr 2013 13:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23680

Actions (login required)

View Item View Item