Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Yang Dibuat Anak Sendiri Pada Anak Kelompok B Di BA ‘Aisyiyah 3 Basin Tahun Ajaran 2012/2013

Madiensi, Madiensi (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Yang Dibuat Anak Sendiri Pada Anak Kelompok B Di BA ‘Aisyiyah 3 Basin Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (571kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (260kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak melalui metode bercerita dengan media gambar yang dibuat anak sendiri pada anak kelompok B BA 'Aisyiyah 3 Basin Kebonarum Klaten Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaakukan selama 3 bulan di BA 'Aisyiyah 3 basin Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B BA 'Aisyiyah 3 Basin kebonarum Klaten, tahun 2012/ 2013 yang berjumlah 20 anak didik..Teknik pengumpulan data dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara,dokumentasi dan unjuk kerja.Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya ada dua pertemuan.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptip kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai prosentase kemampuan bahasa lisan anak siklus I 62.5%, siklus II 80.7%, dengan analisis dimana pada siklus I jumlah anak yang tuntas ada 7 dari 20 anak atau 35% kemudian anak yang tuntas meningkat menjadi 18 dari 20 anak. Dari hasil penelitian tersebut yang berupa nilai prosentase dan prosentase ketuntasan anak maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa melalui metode bercerita dengan gambar yang dibuat anak sendiri dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan pada anak didik kelompok B di BA 'Aisyiyah 3 Basin Kebonarum klaten Tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bahasa lisan, metode bercerita, gambar yang dibuat anak sendiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2013 12:04
Last Modified: 17 Apr 2013 13:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23678

Actions (login required)

View Item View Item