Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Melalui Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran PKN Materi Perundang-Undangan Bagi Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Jatiyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013

Purwandari, Rini and , Achmad Muthali’in, M.Si. (2013) Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Melalui Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran PKN Materi Perundang-Undangan Bagi Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Jatiyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (531kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)

Abstract

Penelitian di SDN 03 Karangsari Jatiyoso Karanganyar ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi belajar PKn melalui penerapan strategi Index Card Match bagi siswa kelas V SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi belajar siswa kelas V SDN 03 Karangsari sebanyak 18 siswa. Subyek Penelitian adalah siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Jenis penelitian ini tindakan kelas, dilakukan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data-data yang dikumpulkan meliputi data partisipasi belajar siswa melalui metode observasi, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, ternyata hipotesis yang dirumuskan telah terbukti. Penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan partisipasi belajar PKn materi Perundang-undangan pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Terbukti dengan angka persentase partisipasi siswa pada kondisi awal yang hanya 38,89 % meningkat menjadi 61,11 % pada siklus I dan mencapai angka 88,89 % pada akhir siklus II. Berdasarkan kondisi ini terbukti bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi Index Card Match mampu meningkatkan partisipasi belajar PKn pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi belajar, strategi Index Card Match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2013 11:53
Last Modified: 24 Oct 2021 12:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23676

Actions (login required)

View Item View Item