Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Melalui Strategi Index Card Match Pada SD Negeri 2 Mranggen Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Zulaichah, Siti and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Melalui Strategi Index Card Match Pada SD Negeri 2 Mranggen Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada pelajaran matematika tentang bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Mranggen Kecamatan Jatinom dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini termasuk tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisi data secara kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : kreativitas siswa mengalami peningkatan pada indikator Motivasi untuk bertanya prasiklus mencapai 7 siswa (31,8%), Siklus I mencapai 14 siswa(63,6%) pada siklus II mencapai 20siswa(90,9), indikator Sikap menanggapi jawaban dari teman prasiklus mencapai 4 siswa(18,1%), siklus I mencapai 13 siswa(60%), siklus II mencapai 18siswa(81,8%), indikator senang mengajukan pertanyaan prasiklus mencapai 5 siswa(22,7%), siklus I mencapai 14 siswa(63,6%), siklus II mencapai 20 siswa(90,9%). Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan pada prasiklus rata-rata nilai 54,0 dengan tingkat ketuntasan 41% atau 9 siswa, siklus I rata – rata nilai 61,8 dengan tingkat ketuntasan 14 siswa atau 63,6%. Pada siklus II rata-rata nilai tes 69,09 dengan tingkat ketuntasan 19 siswa atau 86,4%, hipotesis menyatakan “melalui strategi Index Card Match dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada pelajaran matematika tentang bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Mranggen Kecamatan Jatinom Jatinom tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas dan Hasil Belajar bilangan pecahan, Index Card Match, Peneliti, pembimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Apr 2013 12:07
Last Modified: 24 Oct 2021 12:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23675

Actions (login required)

View Item View Item