Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Strategi Student Teams Achievent Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Turus Tahun Ajaran 2012/2013

Widyaningsih, Andriati and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Strategi Student Teams Achievent Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Turus Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (664kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran matematika melalui Strategi Student Teams Achievent Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri Turus Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adlaah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Turus yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Analisa data dilakukan dalam empat tahapan yang dimulai dari perencanaan, pengumpulan data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika yang dpaat dilihat dari peningkatan indikator-indikator yang meliputi : (1) Aktivas siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 43,75%, Siklus 68,75% Siklus II 87,5%. (2) Aktivitas siswa dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 37,5%, Siklus I 56,25%, Siklus II 81,25%. (3) Aktivitas siswa dalam memberi tanggapan / pendapat sebelum tindakan sebesar 37,5%, Siklus I 56,25%, Siklus II 81,25%. (4) Aktivitas siswa dalam menyelesaikan soal secara mandiri sebelum sebesar 43,75%, Siklus I 62,5%, Siklus II 93,75%. (5) Hasil belajar siswa yaitu tercapainya nilai siswa ³ 63 yang meliputi dara evaluasi hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 25%, Siklus I 56,25%, Siklus II 93,75%. Keseimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui Strategi Student Teams Achievent Divisions (STAD) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Turus Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika, Strategi Student Teams Achievent Divisions (STAD)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Apr 2013 11:21
Last Modified: 24 Oct 2021 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23671

Actions (login required)

View Item View Item