Pengembangankemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Dengan Menggunakan Puzzle Bolapada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013

Marthonah, Marthonah and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd. (2013) Pengembangankemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Dengan Menggunakan Puzzle Bolapada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui penggunaan puzzle bola pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013pada pembelajaran kognitif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah 24 anak Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten pada semester 2Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan puzzle bola pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor dalam pembelajaran kognitif dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri. Pengembangan dalam hasil pembelajaran sebelum dilakukan tindakan yang sudah mencapai sebanyak 5 anak (20,8%) pada tindakan siklus I menjadi 13 anak (54%),kemudian pada tindakan siklus II berkembang lagi menjadi 19 (79,2%). Pengembangan kemampuan anak mengenal bentuk-bentuk geometri pada siklus I sebanyak 33,2% dari pra siklus,sedangkan pada siklus II sebanyak 25,2 % dari siklus I. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Puzzle Bola dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak Kelompok A Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: geometri, puzzle bola
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2013 10:52
Last Modified: 27 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23668

Actions (login required)

View Item View Item