PENINGKATAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Terhadap Kelas VIIIB SMP Negeri I Tulung Tahun 2008)

SHOLIHIN, Hafid (2008) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Terhadap Kelas VIIIB SMP Negeri I Tulung Tahun 2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030106.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
A410030106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran think pair share (TPS), kreativitas dan motivasi belajar matematika yang dimaksud disini adalah kesiapan siswa mengikuti pelajaran, antusias siswa mangikuti pelajaran, kerjasama kelompok, melakukan percobaaan, mengemukakan ide, mempresentasikan jawaban. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SLTP Negeri I Tulung yang berjumlah 40 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru Matematika kelas VIIIB dan subyek berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan terdapat peningkatan kreativitas siswa terhadap matematika yang meliputi: 1) melakukan percobaan yang sebelumnya 30% meningkat menjadi 77,5%. 2) mengemukakan ide yang sebelumnya 17,5% meningkat menjadi 67,5%. 3) mempresentasikan jawaban yang sebelumnya 22,5% meningkat menjadi 57,5%. Sedang peningkatan Motivasi belajar matematika siswa yang meliputi: 1) kesiapan siswa mengikuti pelajaran matematika yang sebelumnya 32,5% meningkat menjadi 77,5%. 2) antusisas belajar siswa yang sebelumnya 20% meningkat menjadi 60% dan kerjasama kelompok yang sebelumnya 15% meningkat menjadi 75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran TPS dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran-matematika, kreativitas, motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 01:45
Last Modified: 16 Nov 2010 23:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item