Hubungan Tingkat Stres Dan Asupan Natrium dengan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta

Khasanah, Tri Ardianti and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Ririn Yuliati S.Si.T., M.Si (2013) Hubungan Tingkat Stres Dan Asupan Natrium dengan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Lampiran)
Daftar_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)

Abstract

Pendahuluan. Diseluruh dunia, hipertensi merupakan masalah yang besar dan serius. Selain prevalensinya yang tinggi dan cenderung meningkat, juga karena tingkat keseriusan penyakit ini yang menyebabkan timbulnya penyakit lain seperti jantung, stroke, gagal ginjal, bahkan kematian mendadak. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat morbiditas dan mortalitas penderita hipertensi adalah tingkat stres dan asupan natrium. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dan asupan natrium terhadap tekanan darah pada pasien hipertensi rawat jalan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan subyek menggunakan consecutive sampling dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 32 subyek. Tingkat stres diperoleh dengan kuesioner Holmes Rating Scale, sedangkan asupan natrium diperoleh dengan metode Recall 3x24 jam yang tidak berturut - turut. Uji korelasi yang digunakan adalah uji Pearson Product Moment. Hasil. Pasien hipertensi rawat jalan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta yang mengalami stres ringan 50%, stres sedang 40,6%, dan stres berat 9,4%. Seluruh pasien hipertensi rawat jalan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta memiliki asupan natrium cukup. Sebesar 71,9% pasien hipertensi yang memiliki tekanan darah sistolik tak terkendali dan sebesar 81,2% pasien hipertensi yang memiliki tekanan darah diastolik tak terkendali. Kesimpulan. Tidak ada hubungan tingkat stres dan asupan natrium dengan tekanan darah pada pasien hipertensi rawat jalan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Saran. Penelitian ini menyarankan agar petugas gizi RSUD Dr. Moewardi di Surakarta hendaknya memberikan diet yang tepat dan sesuai dengan pasien agar kesehatan pasien tetap terkontrol, dan memberikan dukungan pada pasien dan keluarga pasien agar pasien dapat mengelola penyakitnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Tingkat Stres, Asupan Natrium, Tekanan Darah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 16 Apr 2013 12:15
Last Modified: 09 Sep 2022 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23653

Actions (login required)

View Item View Item