Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada SISWA KELAS V Semester II SD N 03 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Pratiwi, Pratiwi and , Drs. Joko Suwandi, S.E., M.Pd. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada SISWA KELAS V Semester II SD N 03 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (881kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 03 Jatipurwo kecamatan Jatipuro kabupten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurang-kurangnya 80%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian analisis interaktif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian analisis data hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada ulangan harian hanya mencapai 25%, pada siklus I putaran I presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 37,50% kemudian dilanjutkan lagi ke siklus I putaran II presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 56,25%, dan hasil belajar siswa meningkat pada siklus II putaran I sebesar 6,75%. Presentase ketuntasan belajar siswa pada akhir siklus II putaran II sebesar 87,50%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai hasil optimal pada siklus II putaran II dengan hasil 87,50% siswa dapat memenuhi nilai KKM (75). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai presentase 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V semester II SD Negeri 03 Jatipurwo kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, teams games tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 11:35
Last Modified: 31 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23649

Actions (login required)

View Item View Item