Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Metode Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jenggrik Iv Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Jannah, Uma Sita Miftakhul and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Metode Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jenggrik Iv Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (914kB)
[img]
Preview
PDF (BAa I)
04._BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (630kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar PKn melalui metode permainan ular tangga pada siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik IV Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru kelas sebagai pelaku tindakan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Masing-masing siklus ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pelaku tindakan dan siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik IV selaku subjek yang dikenai tindakan. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pada pra siklus motivasi belajar sebesar 41,22%. Kemudian setelah diterapkan dengan menggunakan metode permainan ular tangga pada siklus I motivasi belajar meningkat sebesar 64,03% dan pada siklus II sebesar 82,45%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik IV Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode permainan ular tangga, motivasi belajar PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 11:09
Last Modified: 31 Oct 2021 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23644

Actions (login required)

View Item View Item