Perbedaan Tingkat Konsumsi Protein,Vitamin C, Besi, dan Seng Pada Remaja Putri yang Anemia dan Tidak Anemia di Asrama SMA MTA Surakarta

Hibdiyah, Eva (2013) Perbedaan Tingkat Konsumsi Protein,Vitamin C, Besi, dan Seng Pada Remaja Putri yang Anemia dan Tidak Anemia di Asrama SMA MTA Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

Pendahuluan: Remaja merupakan golongan rawan gizi, salah satu masalah gizi yang sering diderita oleh remaja adalah anemia. Salah satu penyebab anemia adalah rendahnya konsumsi zat gizi terutama besi. Zat gizi yang mempengaruhi dalam pembentukan hemoglobin antara lain protein, vitamin C, besi dan seng. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat konsumsi protein, vitamin C, besi dan seng pada remaja putri yang anemia dan tidak di Asrama putri SMA MTA Surakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian observasional dengan pendekatan cross secsional. Responden penelitian ini adalah remaja putri berjumlah 75 orang yang tinggal di Asrama. Data dianalisis secara bivariat, dengan uji beda Independent Sample Test untuk data konsumsi protein, vitamin C, seng dan uji beda Mann Whitney untuk data konsumsi besi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsumsi protein remaja putri yang anemia 70,2% termasuk baik, tingkat konsumsi vitamin C pada remaja yang anemia tidak cukup sebesar 63,2%. Tingkat konsumsi besi dan seng pada remaja putri yang anemia yaitu sebanyak 97,9% tidak cukup. Berdasarkan uji statistik menunjukan tidak ada perbedaan tingkat konsumsi protein (p=0,729) dan tingkat konsumsi vitamin C (p=0,114), sedangkan tingkat konsumsi besi (p=0,034) dan tingkat konsumsi seng (p=0,043) ada perbedaan. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan antara tingkat konsumsi protein dan vitamin C pada remaja putri yang anemia dan tidak anemia. Ada perbedaan antara tingkat konsumsi besi dan seng pada remaja putri yang anemia dan tidak anemia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat konsumsi protein, vitamin C, besi dan seng, kadar hemoglobin (Hb), remaja anemia.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 16 Apr 2013 10:57
Last Modified: 16 Apr 2013 10:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23642

Actions (login required)

View Item View Item