PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA ANAK DAN KEMANDIRIAN DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLORA TAHUN PELAJARAN 2007/2008

HANAFI, Yusron (2008) PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA ANAK DAN KEMANDIRIAN DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLORA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040117.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
A210040117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh komunikasi orang tua anak terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (2) Pengaruh kemandirian dalam belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (3) Pengaruh komunikasi orang tua anak dan kemandirian dalam belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Blora tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 127 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 42 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah: Y = 2,771 + 0,726.X1 + 0,773.X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh komunikasi orang tua anak dan kemandirian belajar. (2) Komunikasi orang tua anak dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 39,026 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%. (3) Besar pengaruh komunikasi orang tua anak dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah sebesar 66,7%, sedangkan 33,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya lingkungan belajar, motivasi, bimbingan belajar, sarana prasarana, dan sebagainya. (4) Komunikasi orang tua anak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MAN 1 Blora tahun pelajaran 2007/2008. Hasil uji t memperoleh thitung sebesar 4,422 lebih besar dari ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. (5) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MAN 1 Blora tahun pelajaran 2007/2008. Hasil uji t memperoleh thitung sebesar 3,670 lebih besar dari ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. (6) Komunikasi orang tua anak memberikan sumbangan relatif sebesar 55,9% dan sumbangan efektif 37,3% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Kemandirian belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 44,1% dan sumbangan efektif 29,4% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi orang tua anak, kemandirian dalam belajar, prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 01:31
Last Modified: 16 Nov 2010 23:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item