Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Margorejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Susanti, Yuli Martiana and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Margorejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (877kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (916kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini guru memilih serta menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) pada pembelajaran IPA. Penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV semester II SD Negeri Margorejo tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah siswa kelas IV adalah 15 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran creative problem solving (CPS), yakni keaktifan pada pra siklus sebesar 40 %, peningkatan keaktifan siklus I sebesar 66 % atau 10 siswa dan peningkatan keaktifan siklus II mencapai 87 % atau 14 siswa. Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran creative problem solving (CPS) digunakan pula beberapa indikator keaktifan sebagai pedoman guru antara lain mendengar penjelasan guru, kerjasama kelompok, memberi kesempatan teman berpendapat, mendengarkan teman berpendapat, saling membantu, bertanya pada teman/guru jika tidak paham soal, terlibat dalam memecahkan masalah, mencari informasi untuk memecahkan masalah, melatih diri dalam memecahkan masalah, dan menilai kemampuan dirinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar siswa, model creative problem solving (CPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 10:10
Last Modified: 24 Oct 2021 12:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item View Item