Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Melalui Strategi Problem Based Lerning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Tluwah Tahun Pelajaran 2012/2013

Asih, Cicik Budi and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Melalui Strategi Problem Based Lerning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Tluwah Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (603kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar IPA siswa kelas IV dengan metode Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tluwah yang berjumlah 21 siswa. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar IPA pada siswa melalui strategi Problem Based Learning (PBL), yaitu: memperoleh skor rata-rata pada kreativitas belajar di pra siklus sebesar 3,09 dengan kriteria kurang, pada siklus I sebesar 9,52 dengan kriteria cukup dan pada akhir siklus, yaitu siklus II sebesar 13,6 dengan kriteria baik. Peningkatan keterampilan guru ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata pada pra siklus sebesar 16 dengan kriteria kurang, siklus I sebesar 19 dengan kriteria kurang, dan di akhir siklus sebesar 63 berkriteria baik. Ketuntasan belajar (KKM ≥75) pada pra siklus sebesar 57,14% atau 12 siswa, pada siklus I sebesar 71,42% atau 15 siswa, dan diakhir siklus sebesar 85,71% atau 18 siswa. Untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui strategi Problem Based Learning (PBL) digunakan indikator kreativitas belajar sebagai usaha siswa dalam pemecahan masalah (problem solving), yaitu: dengan dorongan rasa ingin tahu yang besar, sopan dalam bertingkah laku, berani mengeluarkan pendapat, melaksanakan pekerjaan tepat waktu, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan demikian, penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tluwah Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar IPA, strategi problem based learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 09:56
Last Modified: 24 Oct 2021 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23638

Actions (login required)

View Item View Item