Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV SD Negeri Blangu 2 Gesi Sragen Tahun 2012/ 2013

Permatasari,, Mutik Winuri and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV SD Negeri Blangu 2 Gesi Sragen Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi.pdf

Download (162kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui penerapan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok bilangan bulat dan mengtahui besarnya peningkatan keaktifan belajar siswa matematika pada materi pokok bilangan bulat melalui strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Blangu 2 yang berjumlah 35 siswa. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV melalui strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata keaktifan belajar siswa pada pra siklus 12,85% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 32,14% dan 46,42%, siklus II sebesar 68,56% dan 85,71%. Dengn demikian dari penelitian ini dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Blangu 2 Gesi Sragen tahun 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teams games tournament (TGT), keaktifan belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 08:00
Last Modified: 31 Oct 2021 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23630

Actions (login required)

View Item View Item