Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Index Card Match Pada Mapel IPA Di Kelas V SDN Wangunrejo 01 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Latifah, Siti Umi and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Index Card Match Pada Mapel IPA Di Kelas V SDN Wangunrejo 01 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi Index Card Match. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Wangunrejo 01 yang berjumlah 20 siswa, Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing -masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan strategi Index Card Match. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA darisiklus I kesiklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan sis wa sebesar 70% atau 14 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 90% atau 18 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar siswa, strate gi Index Card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 07:24
Last Modified: 24 Oct 2021 12:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23627

Actions (login required)

View Item View Item