Pamuji, Wening and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd (2013) Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Canden Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (122kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan diskripsi melalui model pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Canden tahun pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Canden. Objeknya adalah kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran bahasa indonesia. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian pada prasiklus rata -rata nilai siswa hanya 62,9 dengan presentase yang mencapai nilai di atas KKM (65) adalah 46,7% (7 siswa). Siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan nilai rata -rata 72,7 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65) sebanyak 73,3% (11 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis karangan diskripsi dengan nilai rata -rata 80,3 dan presentase siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 93,3% (14 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis karangan diskripsi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis karangan diskripsi, model Active Knowledge Sharing (saling tukar pengetahuan) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 12:34 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23622 |
Actions (login required)
View Item |