Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Canden Tahun Ajaran 2012/2013

Pamuji, Wening and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd (2013) Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Canden Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (122kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan diskripsi melalui model pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Canden tahun pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Canden. Objeknya adalah kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran bahasa indonesia. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian pada prasiklus rata -rata nilai siswa hanya 62,9 dengan presentase yang mencapai nilai di atas KKM (65) adalah 46,7% (7 siswa). Siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan nilai rata -rata 72,7 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65) sebanyak 73,3% (11 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis karangan diskripsi dengan nilai rata -rata 80,3 dan presentase siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 93,3% (14 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis karangan diskripsi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan diskripsi, model Active Knowledge Sharing (saling tukar pengetahuan)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Apr 2013 12:34
Last Modified: 31 Oct 2021 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23622

Actions (login required)

View Item View Item