Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Menerapkan Strategi Team Game Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD N 04 Binangun

Kurniawati, Irma and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Menerapkan Strategi Team Game Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD N 04 Binangun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (457kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._naskah_publikasi.pdf

Download (461kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 04Binangun Wonosobo pada pokok bahasan Bangun Datar dan Bangun Ruang. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Binangun Wonosobo tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 25 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team-Games-Turnamen (TGT). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama membahas pokok bahasan Bangun Datar dan siklus kedua tentang Bangun Ruang. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, angket respon siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan dan angket respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 04 Binangun Wonosobo pada pokok bahasan Bangun Datar dan Bangun Ruang mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar 61,78% untuk siklus II sebesar 74,67%. Selain itu hasil dari angket respon siswa terhadap pembelajaran juga meningkat yaitu sebesar 65% pada siklus I dan sebesar 79% pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: team game turnamen, keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Apr 2013 12:08
Last Modified: 31 Oct 2021 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23620

Actions (login required)

View Item View Item